Terima Kasih Sudah Memberikan jempol Like Facebooknya untuk Gudangloker.com :)

7 Pertanyaan Sekaligus Jawaban Tepat Untuk Wawancara Kerja

7 Pertanyaan Sekaligus Jawaban Tepat Untuk Wawancara Kerja
Kredit Gambar : samangi.blogspot.com
Dalam perekrutan karyawan dalam sebuah perusahaan tentunya tidak lepas dari yang namanya Interview atau yang lebih dikenal dengan wawancara kerja, yang adalah sebuah proses yang akan menentukan lulus atau tidaknya seseorang dalam lamaran kerja tersebut, dan ingat! bahwa wawancara adalah proses yang sangat penting dalam proses rekrut karyawan.

Dengan wawancara inilah kita bisa memperlihatkan keunggulan yang ada pada diri kita, dengan menyampaikan semua tentang diri kita yang akan mendapatkan nilai plus agar si pewawancara tertarik dan akan mempertimbangkannya. Namun sebelumnya baca juga Faktor Penyebab Gagal Wawancara Kerja dan Solusinya.

Dalam sesi wawancara yang harus kita pikirkan adalah mendapatkan jawaban yang tepat agar pewawancara tidak menganggap kita sepele dan dan janganlah anda menjawab pertanyaan wawancara tersebut asal-asalan dengan cara sambil tertawa atau hal lainnya yang dianggap salah.

Nah untuk menambah sedikit pengetahuan, berikut ada 7 Pertanyaan yang kerap kali di ajukan dalam sesi wawancara kerja dan bagaimana cara menjawabnya dengan benar dan bagaimana prilaku tubuh sewaktu berbicara.

1. Pertama kali, coba ceritakan tentang diri anda!
Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang paling rutin dalam sesi wawancara kerja ini yang mana anda diminta untuk menceritakan siapa anda sebenarnya dengan jujur dan hal apa saja yang sudah anda perbuat baik itu tingkat sekolah maupun pekerjaan yang sudah dilakukan. Namun agar anda tidak bingung sebenarnya ini sangat mudah, anda hanya perlu menceritakan sedikit tentang pribadi anda yang di awali dengan penyebutan nama anda, alamat tinggal, tamat sekolah apa saja, prestasi apa yang pernah anda raih dan apa keunggulan anda.

2. Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan kami?
Pertanyan ini harus dijawab dengan baik dan benar usahakan anda menjawab dengan cara tidak menyobongkan diri misal "Saya mengetahui dari sebauh laman website bahwa perusahaan bla-bla ini adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang Bla-bla", jadi intinya jawablah pertanyaan ini dengan gaya bahwa anda berkeinginan sedang mencari info lengkap tentang perusahaan tersebut sertakan juga produk yang mereka olah dan kerjakan di perusahaan tersebut, namun jangan dalam bertingkah seolah-olah anda tahu segalanya tentang perusahaan tersebut, jadi jawab sambil merendahkan diri agar mereka tidak menyatakan sebagai seorang yang sombong dan berlagak sok tahu.

3. Kenapa anda berhenti dari perusahaan sebelumnya?
Ini adalah pertanyaan sensistif untuk orang yang sudah bekerja, jangan sembarang menjawab karena anda akan dinilai sebagai orang yang pemilih dalam bekerja, misalnya adan bisa saja memberikan jawab seperti ini "Pada perusahaan sebelumnya saya berhenti karena tidak adanya gaji tetap namun selama di perusahaan tersebut saya selalu berusaha yang terbaik dan satu hal yang penting saya menginginkan karir yang jelas untuk ke depannya" intinya, jawablah pertanyaan kenapa anda berhenti dari perusahaan sebelumnya tanpa menjelek-jelekan perusahaan tersebut dan usahakan juga ceritakan permasalahan yang anda temui di perusahaan sebelumnya itu.

4. Pengalaman apa yang anda miliki dalam bidang ini?
Dalam mejawab pertanyaan ini anda harus jujur menjawab apa saja yang anda kuasai baik itu ilmu akuntansi, programmer dan ilmu lainnya, jadi janga sampai salah dan asal-asalan mengatakan hal yang anda kuasai misalnya adan menjawab bahwa anda ahli desain web dan PHP yang sebenarnya tidak, pas ditanya lanjutannya, Apa itu PHP? anda akan menjadi bingung sendiri dan itu akan menjadi nilai negatif untuk anda. Maka dari itu jawablah seperti ini "Selama kuliah saya lebih banyak menggeluti program Borland Delphi 7 untuk membuat software-software, namun saat ini saya masih belum bisa dikatakan menguasai program ini, tapi tetap terus belajar agar bisa memiliki ilmu yang lebih luas dengan program Broland Delphi 7 tersebut, dan untuk program lainnya saya juga pernah mengoperasikan program Java, PHP dan VB namun sekaran saya masih sedang mempelajarinya lebih lanjut untuk menambah wawasan", jawablah dengan jujur dan jangan bertele-tele.

5. Apakah anda menganggap diri anda sukses ataupun merasa sukses?
Pada pertanyaan ini jangan ragu, jawab lah "Iya" dengan tegas, dan jelaskan keberhasilan yang anda raih misalnya selama kuliah ataupun diluar kuliah, setelah menjawab "Iya" maka jelaskan lanjutannya "Saat ini saya pribadi merasa sukses, tapi saya tidak akan berhenti hanya sedikit dari kesuksesan tersebut karena banyak hal yang harus digapai untuk mencapai kata Sukses tersebut"

6. Apa yang anda inginkan di dalam sebuah pekerjaan?
Pertanyaan ini harus dijawab dengan muka tegas dan serius dengan memberikan jawaban yang mengarah serta berkisar pada oportunitas di dalam organisasi atau perusahaan. dengan cara, Beritahukan sipewawancara tersebut kalau Anda ingin memberikan kontribusi dan dikenali. Dan jangan sampai anda menjawab anda mengiinginkan pekerjaan hanya karena mendapatkan uang. Pertanyaan ini bisa juga samakan dengan Kenapa anda melamar di perusahaan ini dan apa tujuan anda mencari kerja?. Anda hanya perlu menjawab seperti "Pertama sekali pastinya mencari kerja tidak lepas dari yang namanya mendapatkan uang untuk bisa menjalani hidup, dan juga tujuan saya mencari kerja adalah ingin mendapatkan dan mempergunakan ilmu yang saya miliki agar bisa bermanfaat untuk orang/perusahaan serta juga menjadi tambahan wawasan dan pengalaman untuk pribadi saya agar lebih tegar dalam menjadalani hidup, dan terutama sekali adalah untuk karir kedepannya dengan perusahaan ini sangat jelas" Jawablah dengan nada rendah tapi tegas dan jangan jawab dengan nada sombong.

7. Berapa gaji yang anda harapkan?
Inilah pertanyaan yang selalu menjebak para pencari kerja, karena mereka dengan PD nya menjawab nominal untuk gaji yang akan mereka dapatkan tanpa mempedulikan standar dari gaji perusahaan tersebut. untuk menjawabnya seperti "Ini adalah pertanyaan yang cukup sulit pak/bu, namun saya mohon maaf sebelumnya, bisakah Bapak/Ibu menjelaskan kisaran gaji untuk posisi ini? karena setahu saya pasti ada standar gaji untuk posisi ini yang sudah ditentukan perusahan” Namun jika pewawancara tidak mau menyebutkan gaji pas untuk posisi tersebut dan dia hanya memberikan rentang gaji misalnya sekitar 4 sampai 5 jutaan, maka anda harus dengan tegas menanyakan detail mengenai pekerjaan yang akan anda jalani serta tanggung jawabnya, baru kemudian bisa memperkirakan gaji yang anda harapkan, jangan terlalu jauh menyebutkan nominal gaji dari rentang gaji yang sudah disebutkan pewawancara tersebut.

Nah Itulah 7 gambaran pertanyaan yang kebanyakan diajukan saat sesi wawancara kerja yang mana jika salah menjawab akan sangat merugikan kita, oleh karena itu mudah-mudahan dari artikel yang berjudul 7 Pertanyaan dengan Jawaban untuk Wawancara Kerja ini bisa menambah pengetahuan anda dan tidak canggung lagi dalam menjawab pertanyaan wawancara kerja. Semoga bermanfaat :)
Pelajari dan pahami Soal Psikotes untuk Tes Kerja, berikut Contoh Soal Psikotes dan Kunci Jawabannya...!!

Untuk lebih mengenal dunia wawancara pada posisi Frontliner seperti CS ataupun teller, silahkan Baca juga sedikit dari Gudangloker.com berikut Tips Wawancara Kerja untuk Frontliner (Customer Service dan Teller).

Terimakasih telah mengunjungi situs gudangloker.com dengan slogan Gudangnya Lowongan Kerja, Semoga bisa bermanfaat untuk para pembaca semua. Jangan lupa "LIKE page Facebook dan FOLLOW Twitter kami untuk mendapatkan "INFORMASI LOWONGAN KERJA TERBARU" untuk semua tamatan pendidikan baik itu SMA, SMK, D3, D4, S1, S2 yang terbuka untuk Semua Jurusan. Dan kami akan sangat ber-terimakasih sekali jika anda menyebarkan Gudangloker.com ini ke teman-teman atau kepada kerabat lainnya dengan mengklik tombol jejaring sosial media dibawah ini.

Lowongan Kerja Lainnya