Faktor Penyebab Gagal Wawancara Kerja dan Solusinya


Faktor Penyebab Gagal Wawancara Kerja dan Solusinya
Kredit Gambar : tipswawancarakerja.com
Wawancara kerja memang harus dipersiapkan dengan sematang-matangnya, jangan sampai menganggap remeh dalam tahap ini karena wawancaralah yang akan mempertimbangkan anda lolos atau tidaknya dalam seleksi.

Kebanyakan banyak orang yang menganggap remeh dalam wawancara ini baik itu dari segi penampilan hingga memikirkan jawaban yang akan di jawab pas wawancara nantinya dan yang pertama sekali adalah mental anda harus kuat jangan sampai kalah bicara dalam wawancara [Baca juga: 7 Pertanyaan Sekaligus Jawaban Tepat Untuk Wawancara Kerja].

Kegagalan dalam wawancara banyak sekali terjadi, apa saja itu kegagalan yang ada dalam wawancara? sebenarnya bukan saja dari jawaban yang anda berikan kepada si pewawancara tapi banyak faktor lainnya seperti berikut ini :

MENTAL
Kurang siapnya mental diri hingga membuat anda menjadi kehilangan kontrol dan sangat grogi dalam sesi wawancara, hal ini akan sangat merugikan anda karena anda bisa saja menjawab pertanyaan yang salah.

solusi
Solusinya jangan terlalu takut bawa diri anda ke suasana santai dan tenang agar anda lebih berkonsentrasi dengan pertanyan yang dilontarkan

PAKAIAN
Kebanyakan dari orang-orang yang gagal karena menggunakan pakaian tidak rapi alias pakaian tidak sopan. Contoh halnya adalah pria yang dengan santainya acak-acakan pergi wawancara tanpa mempedulikan pakiannya yang berantakan, terlalu menyolok, menggunakan pakaian terlalu ketat begi perempuan, dan juga terlalu terbuka sehingga tidak enak untuk dilihat.

solusi
Maka dari itu gunakanlah pakaian yang rapi yang nyaman dipandang tanpa membuat risih orang lain. tidak perlu baju berkilat dan baru yang penting rapi

KONTAK MATA

Tidak memperhatikan lawan bicara karena anda sangat lemah dalam hal kontak mata sehingga si pewawancara menyangka anda tidak menghormatinya

solusi
Usahakan anda selalu menatap si pewawancara dengan makna bahwa menyimak pembicaraan dan sekaligus menghormatinya

JABATAN TANGAN
Jabatan tangan anda terlalu lemah ataupun terlalu kuat, jabatlah tangan si pewawancara dengan genggaman yang pas jangan terlalu kuat dan terlalu lemah.

solusi 
Karena jabatan tangan dengan genggaman pas akan membuat pewawancara berpikiran anda adalah orang yang pecaya diri, jika terlalu ;lemah anda bisa dinyatakan sebagai orang yang lembek.

BANYAK BICARA 
Pewawancara akan sangat bosan jika anda terlalu banyak bicara apalagi anda yang mendominasi pembicaraan

solusi 
Bertingkahlah seperlunya dalam wawancara, Jangan terlalu banyak bicara, jawab saja yang ditanyakan si pewawancara dan jangan sampai anda yang lebih banyak bicara daipada si pewawancara, apalagi anda tertawa terlalu berlebihan

PARFUM
Penggunaan wangi-wangian / parfum yang berlebihan yang mengundang bau terlalu harum akan sangat membuat hidung menjadi perih. Apalagi itu akan sangat mengganggu si pewawancara.

solusi
Pakai lah parfum seperlunya tanpa mengganggu orang sekitar, jika bisa atur penggunaan parfum anda sesuai suasana hati

JANGAN TANYAKAN YANG TIDAK PERLU
Andamemberikan pertanyaan yang mana pertanyaan tersebut belum pada tempatnya seperti menanyakan hal pribadi perusahaan yakni tentang cuti dan kebijakan, gaji yang akan didapat dan insentif lainnya

solusi
Jawablah pertanyaan terlebih dahulu dengan benar dan pas dengan pertanyaan si pewawancara apabila pembicaraan mengarah kepada hal tersebut dan anda disuruh bertanya maka baru anda bertanya, tanyakan yang penting-penting saja.

Mencari kerja memang bukanlah hal yang mudah namun apabila kita mengerti alurnya akan membuat kita lebih santai dan rilek tanpa ada keraguan tapi satu hal jangan terlalu percaya diri karena itu akan menjatuhkan anda sendiri, hal pertama yang harus anda lakukan adalah berdo'a kepada yang maha kuasa agar jalan anda dipermudah :), amin

Info Penting :

  • Follow Instagram @gudangloker dan Facebook @gudanglokercom Update Info Setiap Harinya
  • Hara Membaca keseluruhan Informasi dengan teliti agar tidak terjadi kesalahpahaman informasi
  • Kirimkan lamaran anda sesuai yang tertera, jika tidak lamaran anda akan diabaikan
  • Proses seleksi dan rekrutmen Faktor Penyebab Gagal Wawancara Kerja dan Solusinya gratis alias tidak dipungut biaya
Untuk lebih mengenal dunia wawancara pada posisi Frontliner seperti CS ataupun teller, silahkan Baca juga sedikit dari Gudangloker.com berikut Tips Wawancara Kerja untuk Frontliner (Customer Service dan Teller).