5 Kesalahan Umum Saat Membuat CV / Daftar Riwayat Hidup

5 Kesalahan Umum Saat Membuat CV / Daftar Riwayat Hidup
Kredit gambar: wolipop.detik.com
Mencari kerja tidak lepas dari yang namanya CV atau yang lebih dikenal dengan Daftar Riwayat Hidup yang pastinya berisi semua tentang data diri anda dari pertama menginjakkan kaki ke dunia pendidikan hingga sampai sekarang, banyak sekali lamaran kerja yang ditolak oleh perusahaan yang mana kebanyakan kesalahan terjadi dari membuat lamaran. [Baca juga : Penyebab Lamaran Kerja Di Tolak Perusahaan]

Dalam berkas lamaran CV / Daftar riwayat hidup adalah hal yang sangat penting untuk menunjukkan data diri anda, maka dari itu isi dari CV ini harus yang sebenarnya-benarnya, dan kebanyakan orang membuat CV tidak dengan ringkas bahkan ada pula yang tidak jelas.

Penilaian sesudah surat lamaran adalah CV yang menjadi nilai penting untuk melancarkan proses lamaran anda, data diri anda apabila mudah di mengerti oleh perusahaan akan semakin besar kesempatan bagi Anda untuk diterima. Namun Dewasa ini banyak pelamar yang meremehkan fungsi utama dari CV ini yang bahkan mereka malah ada yang mengisi data dengan sedikit kebohongan. Berikut 5 Kesalahan Umum Saat Membuat CV / Curriculum Vitae / Daftar Riwayat Hidup.

1. Data yang Tertulis Tidak Sesuai Dengan yang di Harapkan
Pelamar kerja saat ini banyak yang melamar asal-asalan, lihat saja mereka melamar posisi yang sebenarnya tidak cocok buat mereka dan posisi yang diminta tidaklah sesuai. Dan hal ini akan sangat memperkecil kesempatan untuk dapat diterima. Oleh karena itu, pastikan dalam pembuatan CV tersebut yang dibarengi dengan surat lamaran kerja harus sesuai dengan posisi yang di tawarkan oleh perusahaan.

2. Adanya Tulisan yang Berisi Kebohongan
Ini yang paling rentan terjadi banyak pelamar baru bahkan yang berpengalaman mengisi data dengan lengkap bahkan berisi sedikit kebohongan untuk membuat perusahaan tertarik bahkan mereka melebih-lebihkan kemampuan yang dimilikinya yang padahal kemampuan tersebut tidak ada. Pelamar yang beruntung dan dipanggil untuk wawancara akan menjadi blak-blakan menjawab kebohongan tersebut, dan apabila si pewawancara mengetahui anda berbohong akan menjadi kekurangan buat anda di mata pewawancara. [Baca juga : 7 Pertanyaan Sekaligus Jawaban Tepat Untuk Wawancara Kerja]

3. Kesalahan dalam Pengetikan
Membuat CV sebagus mungkin jika adanya kesalahan dalam pengetikan akan membuat kerugian untuk anda sendiri, karena apabila pihak perusahaan menemukan kesalahan pengetikan dalam CV tersebut maka anda akan dinyatakan orang yang ceroboh. Dan kesan pertama yang ditunjukkan menjadi kurang baik.

4. Isi CV sedikit Bertele-tele / Bermain-main
Isis CV yang terlalu anarkis, hehe, maksudnya kesalahan dalam penggunaan font, penggunaan font yang biasa dan umum digunakan adalah : Arial, Calibri atau Times New Roman, namun untuk yang bertele-tele malah menggunakan font Comic dan font bergaya-gaya lainnya apalagi CV tersebut sangat panjang udah seperti cerita novel.

 5. Bentuk Desain CV terlalu Bergaya-gaya
Desain CV usahakan sebagus mungkin agar pihak perusahaan dengan nyaman membaca CV tersebut, hindari banyak gaya/desain dalam CV misalnya, menambahkan gambar-gambar keren, alay dan lainnya yang sebenarnya bagus tapi tidak nyaman untuk dilihat.

Dari 5 kesalahan membuat CV diatas, mudah-mudahan bisa menjadi pelajaran untuk anda dan juga saya sebagai admin agar menjadi lebih baik lagi dan mudah-mudah kita semua mencapai tujuan yang dicita-citakan, amin :) CATATAN
1. Semua proses rekrutmen dan seleksi di situs ini sifatnya gratis tidak berbayar
2. Mohon waspada apabila ada pihak yang mengatasnamakan perusahaan, dan meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau yang lainnya bisa dipastikan itu tidak benar (alias palsu)
3. Jangan lupa bagikan informasi pekerjaan ini ke rekan anda melalui WhatsApp, Facebook dan media sosial lainnya

YUK BAGIKAN LOWONGAN KERJA INI :