Pertanyaan Interview yang Menakutkan Bagi Pelamar Kerja di BANK

Interview adalah salah satu tahapan dalam seleksi penerimaan pegawai baru pada suatu perusahaan. Dengan tahap ini ini menjadi kesempatan bagi kandidat untuk menunjukkan bahwa dia merupakan orang yang tepat untuk mengisi suatu posisi dalam perusahaan tersebut.

Bagi sebagian pelamar, tahap atau sesi interview ini adalah sesi yang cukup menegangkan dikarenakan si pelamar harus berhadapan secara langsung dengan HRD atau user, apalagi bagi pelamar yang sangat jarang bersosialisasi dengan sekitar yang membuatnya akan sangat deg-degan bahkan menjadi kurang percaya diri sewaktu akan memasuki tahap ini. Namun, ketegangan itu bisa kamu atasi dengan mempersiapkan diri sebaik mungkin.
Pertanyaan Interview yang Menakutkan Bagi Pelamar Kerja di BANK

Berikut Pertanyaan Interview yang Menakutkan Bagi Pelamar Kerja di BANK

  1. Apa yang membuatmu tertarik untuk melamar pada posisi ini
  2. Dengan posisi yang dilamar, apakah kamu yakin? atau bersedia pindah ke posisi lain?
  3. Bisnis dengan kategori apa yang perusahaan jalankan saat ini
  4. Apa produk perusahaan yang kamu ketahui
  5. Misal kamu sudah bekerja di perusahaan ini, Bagaimana cara kamu menjelaskan produk kepada nasabah
  6. Apakah kamu bersedia ditempatkan di daerah yang berada di indonesia
  7. Kenapa perusahaan harus menerima kamu
Dari beberapa pertanyaan diatas termasuk pertanyaan yang sering di tanyakan oleh perusahaan BUMN, karena yang menginterview cukup ketat dalam merekrut perusahaan, rekrutan baru adalah tanggung jawab si perekrut karena nantinya akan berpengaruh dengan apa yang akan dikerjakan pekerja baru di perusahaan tersebut.

Maka dari itu sebelum melakukan wawancara sebaiknya pelamar mengetahui terlebih dahulu seluk beluk tentang perusahaan itu, apa kategori perusahaan tersebut, bagaimana perusahaan menjalankan bisnisnya dan lainnya.

Begitu pula dengan posisi pekerjaan, setidaknya kamu mengetahui lebih detail tentang pekerjaan yang akan dilamar, yang nantinya akan bisa kamu susun menjadi jawaban pas melakukan tes wawancara, serta jangan sampai terdengar seperti terbata-bata oleh perekrut sehingga ia tidak bisa mencerna jawabanmu dengan tepat.

Berikut Jawaban Pertanyaan Interview yang Menakutkan Bagi Pelamar Kerja di BANK

Sebenarnya untuk menjawab pertanyaan sesi wawancara tergantung kemampuan komunikasi kita sendiri, apalagi orang yang sudah bisa dilapangan, berbicara adalah yang sangat mudah baginya namun tidak sesederhana itu, wawancara bisa jadi suatu momok yang menegangkan karena ini menjadi penentu kita lulus dalam tes ataupun lanjut ke tes selanjutnya. Beberapa ketikan dibawah ini bisa dijadikan referensi yang bisa juga kamu tambah dengan kalimat lainnya sesuai keinginan.

Apa yang membuatmu tertarik untuk melamar pada posisi ini

Jawablah dengan tegas sesuai keinginanmu bahwa kamu cocok dengan posisi tersebut "Saya menginginkan pekerjaan ini karena sedang mencari peluang yang memungkinkan untuk mengasah keterampilan saya yang behubungan dengan perbankan. Saya merasa keterampilan yang saya miliki saat ini dapat membantu perusahaan dalam hal perbankan dan saya siap untuk belajar lebih lagi tentang hal tersebut."

Dengan posisi yang dilamar, apakah kamu yakin? atau bersedia pindah ke posisi lain?

Jangan bimbang akan jawaban posisi yang dipilih langsung jawab saja "Terima kasih untuk kepercayaan dan kesempatan yang bapak/ibu telah berikan. Namun, saya merasa lebih yakin dan nyaman untuk bekerja di posisi yang sudah saya pahami sebelumnya.

Namun ada kalanya anda bisa menerima posisi lain jika ditawarkan oleh pewawancara, misal pewawancara mengatakan "Posisi ini sudah ada yang mengisi apakah kamu mau dengan posisi yang satu lagi, karena kami merasa kamu cocok dengan posisi tersebut." Dengan tawaran tersebut jika diizinkan kamu juga bisa meminta waktu, merasa membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk berpikir, tidak ada salahnya untuk meminta waktu sekitar satu atau dua hari pada HRD sebelum memberikan jawaban. Jika kamu tertarik dengan tawaran tersebut silahkan jawab “Saya tertarik dengan posisi yang bapak/ibu tawarkan. Meskipun saya percaya bahwa kemampuan yang saya miliki lebih sesuai untuk posisi yang saya lamar sebelumnya. Namun, jika bapak/ibu merasa kemampuan yang saya miliki bisa digunakan untuk mengisi posisi Itu, maka saya akan mencoba kesempatan yang bapak/ibu berikan. Terima kasih.

Bisnis dengan kategori apa yang perusahaan jalankan saat ini

Dengan pertanyaan tertera, kamu harus paham dan mengenali jenis perusahaan tersebut, jangan sampai kamu melamar ke sebuah perusahaan yang nyata nya kamu sendiri tidak tahu menahu dengan perusahaan tersebut. Maka dari itu lakukan terlebih dahulu riset tentang perusahaan, posisi dan lainnya yang nantinya akan menjadi pertanyaan pewawancara.

Apa produk perusahaan yang kamu ketahui

Pertanyaan ini sama halnya dengan pertanyaa diatas "Bisnis dengan kategori apa yang perusahaan jalankan saat ini", namun ini yang berkaitan dengan produk perusahaan tersebut yang nantinya akan menjadi "Uang Masuk" atau pendapatan dari perusahaan. "Perusahaan ini memiliki banyak produk seperti Bla bla bla, dan setahu saya produk 'A' ini menjadi produk unggulan karena Bla bla bla."

Misal kamu sudah bekerja di perusahaan ini, Bagaimana cara kamu menjelaskan produk kepada nasabah

Pelajari tentang produk perusahaan tersebut, karena kedengarannya pertanyaan tersebut berkaitan dengan marketing, namun tidak menutup kemungkinan pertanyaan ini muncul walau kamu melamar sebagai Teller dan custumer service.

Apakah kamu bersedia ditempatkan di daerah yang berada di indonesia

Ada yang bersedia langsung dengan menjawab secara tegas, ada juga pelamar yang menolak karena ada hal yang dipertimbangkan jika harus berpindah tempat. Jika kamu yakin dan bersedia untuk ditempatkan dimana saja, jawab saja “Saya senang dengan pekerjaan dan kota yang saya tinggali saat ini. Namun, saya sangat bersedia untuk pindah ke kota lain apabila diperlukan.

Untuk pelamar yang tidak bisa atau tidak memungkinkan berpindah area kerja karena ada faktor tertentu, bisa menjawabnya dengan sopan beserta alasan "Jujur, sebenarnya saya sangat menginginkan pekerjaan ini, namun kondisi saya saat ini tidak memnungkinkan untuk berpindah ke kota lain karena saya harus menemani ibu saya yang sudah cukup berumur, saya khawatir jika harus meninggalkan ibu dan kebetulan saya hanya tidak berdua dengan ibu, saya harap bapak/ibu bisa mempertimbangkannya, terima kasih."

Kenapa perusahaan harus menerima kamu

Jika anda sebagai pelamar baru atau masih berstatus baru tamat sekolah atau kuliah maka jawab dengan pede saja “Sebagai fresh graduate, saya bisa menghadirkan inovasi dan berbagai strategi bisnis modern, dan saya akan berusaha untuk berkembang dan belajar untuk lebih lagi.

Tentu saja jawaban tersebut harus disertakan dengan penjelasan yang berhubungan dengan perusahaan. "Saya mempunyai disiplin ilmu yang dibutuhkan pada pekerjaan ini, serta kemahiran pada beberapa hal tertentu yang berhubungan dengan posisi ini. Jadi, saya bisa mengikuti arus kerja dengan baik dan cepat

Jika ada hal yang berhubungan lainnya, misal seperti sertifikat, pelatihan tambahan, seminar, program magang dan lainnya kamu bisa menambahkan “Saya telah mengikuti berbagai program sertifikasi resmi di keahlian yang terkait dengan pekerjaan ini. Sehingga saya merasa layak dan mampu mengemban tugas sesuai job desc yang tertera, dan saya juga pernah mendapatkan kesempatan magang di perusahaan perbankan,”.

Baca Juga : Tips Wawancara Kerja untuk Frontliner (Customer Service dan Teller)

Semoga dengan beberapa tips diatas, membuat kamu lebih pede dan yakin akan menjawab pertanyaan yang terlontar dari pewawancara dan jangan lupa untuk menambah wawasan pengetahuan untuk pertanyaan lainnya yang akan menjadi pertanyaan pewawancara, dan ingat jangan lupa Berdoa sebelum melakukan tahap wawancara, semoga sukses.

Jangan lupa Follow Medsos kami :

Follow Media Sosial Baru Kami :
- Instagram : @gudangloker
- Tiktok : @gudangloker.com
- Facebook : @gudangloker.fp
- Whatsapp : @Channel Gudangloker

CATATAN
1. Semua proses rekrutmen dan seleksi di situs ini sifatnya gratis tidak berbayar
2. Mohon waspada apabila ada pihak yang mengatasnamakan perusahaan, dan meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau yang lainnya bisa dipastikan itu tidak benar (alias palsu)
3. Jangan lupa bagikan informasi pekerjaan ini ke rekan anda melalui WhatsApp, Facebook dan media sosial lainnya
4. Sumber informasi lowongan kerja diatas secara gratis kami peroleh dari sumber yang terpercaya