Cara Membuat Surat Lamaran Kerja dan Kelengkapan Lainnya

Pencarian kerja saat ini sangat susah dan membutuhkan keseriusan dalam mendapatkan kerja, karena saingan yang akan dihadapi sangatlah banyak, kematangan dalam mencari kerja sangatlah harus dan buka ajang main-main ataupun uji coba, karena kehidupan nyata sebenarnya adalah ketika anda memang berusaha sendiri tanpa mengharapkan orang lain.

Salah satu bagian penting dalam lamaran kerja adalah surat lamaran kerja. yang mana dengan Surat lamaran kerja ini merupakan suatu poin penting yang menentukan apakah Anda diterima kerja pada tempat yang Anda lamar atau tidak. oleh karena itu anda harus mempromosikan diri anda lewat surat lamaran kerja lengkap dengan berkas tambahan lainnya agar perusahaan bisa melihat siapa anda.
Gambar ilustrasi dari ©Shutterstock.com/Andrey_Popov
Nah berikut sedikit tips yang bisa anda baca lebih seksama untuk menulis surat lamaran kerja agar peluang Anda diterima semakin besar dan diperhitungkn oleh perusahaan.

Baca dengan baik persyaratan yang dibutuhkan dalam lowongan pekerjaan tersebut. Hal ini dibutuhkan agar isi surat lowongan pekerjaan Anda tidak keluar dari konteks.
  1. Tulislah surat lamaran kerja dengan kata yang merupakan bahasa baku menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia jangan gunakan kata-kata gaul.
  2. Gunakanlah kata-kata yang mudah dipahami, biar singkat tapi jelas, kata-kata yang sangat mudah dipahami serta sopan, dan menarik.
  3. Tujuan surat harus jelas. Nama yang dituju harus Anda pastikan benar ejaan namanya, gelar, dan jabatan, begitu pula dengan alamat perusahaan.
  4. Setelah Anda selesai menulis surat lamaran kerja. Baca sekali lagi, pastikan tidak ada salah ketik. Menggunakan tata bahasa yang baik dan benar, serta tidak ada kata yang sering diulang-ulang. kesalahan ketik dalam surat lamaran kerja sangat fatal karena anda akan dianggap orang yang tidak teliti.
  5. Usahakan membaca persyaratan karena ada beberapa perusahaan yang meminta surat lamaran dengan tulisan tangan, usahakan tulisan tangan anda jelas untuk dibaca dan pastikan tidak ada noda tipe-x serta hindari menulis dengan tulisan tegak bersambung.

Kelengkapan lamaran kerja 

Biasanya surat lamaran kerja di lengkapi dengan berbagai tambahan seperti CV, foto dan juga kelengkapan lainnya, nah berikut kami rincikan sedikit yang sangat perlu dimasukkan dalam surat lamaran kerja anda.

1. Surat lamaran kerja
Ini berada dalam aplikasi yang sangat penting karena menjadi poin utama usahakan membuat surat lamaran dengan sebaik mungkin. lihat contoh Surat lamaran kerja Disini - Lihat Juga : Contoh Surat Lamaran Kerja

2. CV / Curriculum Vitae / Biodata Diri
Pada CV ini anda haru menjelaskan semua tentang anda baik itu sekolah, organisasi, pekerjaan sebelumnya dan hal lainnya yang menyangkut tentang pribadi anda, pada CV inilah nanti perusahaan akan mengetahui rinci tentang siapa anda bagaimana latarbelakang anda dan skill apa yang anda miliki. Lihat :

3. Pas foto (foto terbaru)
Lampirkan juga pas foto anda yang terbaik dan bersih, usahakan ganteng/cantik maksimal agar menarik dilihat :D . jika perusahaan meminta foto fullbody harap lampirkan langsung beserta foto 4x6

4. Fotokopi KTP
Data diri tentang anda sangat dibutuhkan maka dari itu masukkan juga Fotokopi KTP anda yang msih aktif dengan data yang benar, jika kirim via email harap scan KTP dengan jelas.

5. Fotokopi ijazah terakhir
Terlampir juga fotokopi ijazah dan nilai tamatan terakhir anda karena patokan anda tamatan dari mananya akan dibuktikan dengan ijazah terakhir tersebut.

6. Fotokopi sertifikat kompetensi (kursus atau pelatihan yang pernah Anda ikuti)
Jika anda pernah mengikuti berbagai macam pelatihan cantumkan juga sertifikat-sertifikat yang anda dapatkan tersebut karena akan menjadi nilai tambah untuk anda dan usahakan bagi yang rutin organisasi cantumkan juga buktinya.

7. SKCK
Walaupun jarang perusahaan yang meminta persyaratan wajib untuk melampirkan SKCK, namun ini sangat penting untuk anda masukkan karena ini menjadi bukti bahwa anda tidak pernah tersangkut kasus apapun yang negatif. - Baca juga : Cara Membuat SKCK

8. Surat Pencari Kerja
Banyak kandidat pencari kerja yang tidak melampirkan hal surat pencari kerja ini karena dianggap biasa saja untuk tidak dilampirkan, namun harap di ingat,
Jika berkas yang dilampirkan lengkap, maka perusahaan akan mengaanggap anda sangat serius dalam mencari pekerjaan.
Jadi biasakan anda menjadi orang yang disiplin serta memang serius dalam berbagai hal, karena itu akan penting untuk diri sendiri - Baca Juga : Cara Membuat Surat Kuning Pencari Kerja

YUK BAGIKAN LOWONGAN KERJA INI :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel