6 Tips Cerdas Melamar Kerja via Email

5 Tips Cerdas Melamar Kerja via Email
Kredit gambar: ciricara.com
Saat ini banyak perusahaan yang melakukan perekrutan karyawan baru hanya lewat dunia maya alias mereka meminta pelamar mengirimkan lamaran lewat surat elektronik "Email", bagi anda yang sudah terbiasa dengan email pastinya sudah cukup mengetahui dengan mudah caranya, namun banyak juga terjadi kesalahan yang dilakukan oleh pelamar dalam mengirim email lamaran kerjanya.

Kesalahan dalam pengiriman email banyak dilakukan oleh pelamar karena kurang teliti dan juga karena belum pernah mengirim lamaran kerja melalui email. sebelumnya anda bisa baca juga Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Lewat Email

Lamaran kerja yang dikirimkan melalui email tentu saja tidak lepas dari berkas yang akan dikirim seperti, Scan Ijazah/transkrip nilai, Scan KTP, Foto terbaru pelamar dan berkas lainnya yang dirasa perlu, nah untuk tidak memperpanjang tulisan, langsug saja, berikut yang harus anda perhatikan hal apa saja yang harus dilakukan untuk mengirim lamaran kerja via email.

Alamat Email 

Alamat email tentunya harus ada karena dengan inilah kita akan mengirimkan lamaran kerja lewat email, nah yang harus diperhatikan adalah, gunakan alamat email yang mudah dan singkat, jangan yang aneh-aneh dan terlalu alai, seperti sicuantikzzzzmaniez@....Alexcint4qmuuuwh@…, budiloveyou@…, ataupun alamat lainnya yang sangat aneh dan telalu aneh untuk dibaca, jadi untuk itu, buat alamat dengan sangat singkat dan mudah diingat. atau bisa pakai nama sendiri seperti admin@gudangloker.com

Email Official atau Email Gratisan

Agar sedikit berwibawa usahakan gunakan email yang berbayar seperti email@andi.com, admin@gudanloker.com,  karena hal ini anda akan dianggap profesional, namun itu semua hanya nilai plus, dan bila anda tidak memiliki domain sendiri, gunakan saja email gratisan namun yang saya sarankan adalah milik Gmail, yahoo dan live karena dikenal akan kecepatannya kirimnya yang bagus

Format File

Dalam mengirimkan berkas lamaran, usahakan format yang anda kirimkan adalah dalam format .doc, .rtf ataupun PDF. Pastikan diisi dengan sebenarnya dan juga lengkapi isinya agar menarik perhatian perusahaan tersebut, masukan berkas seperti CV, foto dan beri nama file tersebut dengan nama anda

Ukuran File / Berkas

Pengiriman berkas juga harus diperhatikan pada ukuran file tersebut, seperti scan ijazah / transkrip nilai, Scan KTP, dan scan-scan lainnya, maka dari itu usahakan ukuran filenya sangat kecil tapi jelas agar tidak membuat loading terlalu lama dalam membuka file tersebut. Banyak perusahaan yang meminta untuk berkas lamaran harus tidak lebih dari 1MB.

Penggabungan File / Berkas

Jika berkas / foto yang akan anda kirimkan terlalu banyak, tentunya akan sangat memenuhi badan email, oleh karena itu satukan file yang berformat gambar tersebut dalam format .zip dan berilah nama yang jelas agar tidak membingungkan perusahaan.

Uraian Singkat

Jika masalah berkas-berkas sudah selesai, maka yang harus anda perhatikan adalah jangan lupa memberikan surat pengantar yang berisi uraian singkat, yang isinya berupa kalimat yang mengarah kepada "mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan tersebut" buatlah uraian singkat namun jelas.

Nah mudah-mudahan dari beberpa tips diatas bisa membuat anda mengerti dan tidak terlalu bingung dalam membuat dan mengirimkan lamaran lewat email, karena sebenarnya diterima atau tidaknya anda oleh perusahaan tersebut adalah tergantung dari kemampuan dan skil yang anda miliki dan juga uraian-uraian kata yang anda buat hingga membuat menarik perusahaan tersebut untuk emilih anda. Dan jangan lupa baca Tips Kerja Lainnya Disini.

Semoga berhasil! Follow Media Sosial Baru Kami :
- Instagram : @gudangloker
- Tiktok : @gudangloker.com
- Facebook : @gudangloker.fp
- Whatsapp : @Channel Gudangloker

CATATAN
1. Semua proses rekrutmen dan seleksi di situs ini sifatnya gratis tidak berbayar
2. Mohon waspada apabila ada pihak yang mengatasnamakan perusahaan, dan meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau yang lainnya bisa dipastikan itu tidak benar (alias palsu)
3. Jangan lupa bagikan informasi pekerjaan ini ke rekan anda melalui WhatsApp, Facebook dan media sosial lainnya
4. Sumber informasi lowongan kerja diatas secara gratis kami peroleh dari sumber yang terpercaya